Minggu, 18 Januari 2015

Preventive Maintenance



SERVICE

3.1     FungsidanTujuan Service / Perawatan
·           Fungsi dan tujuan service adalah untuk memelihara atau mencegah agar unit tetap baik pada saat dioperasikan dan tidak mengalami kerusakan yang parah dan lebih awet atau tahan lama, agar operator tidak akan mengalami suatu kendala jika unit tersebut sedang melakukan aktifvitas atau di operasikan
·           Selain itu operator akan merasa aman dan nyaman dalam mengendarai unit tersebut sehingga dalam melakukan pekerjaan atau aktifitas operator dapat bekerja dengan sebaik baiknya karena tidak merasa was-was apakah unit yang dikendarainya aman atau tidak dari kerusakan.
·           Pengoperasian yang bebasdari kerusakan atau munculnya gangguan dari dalam maupun dari luar. Waktu dan uang yang dikeluarkan untuk melakukan proses service hanya sedikit dari pada memperbaiki unit atau kendaraan yang telah mengalami kerusakan. dengan service kita dapat memperpanjang umur unit secara maksimal mungkin walaupun tidak sama seperti yang baru .
·           Pemeliharaan berkala “menuju pada pemeliharaan yang dilakukan secara teratur berdasarkan buku jadwal service pada unit tersebut, pemeliharaan yang di anjurkan bersama dengan produk – produknya dan juga sering perusahaan – perusahaan perseorangan mengikuti anjuran – anjuran tersebut , dan menerapkan / mengubahnya agar sesuai persyaratan pemeliharaan mereka . jadwal service juga ditentukan oleh setiap “HM” unit yang sudah di tentukan oleh perusahaan
·           Service harus dilakukan tepat waktu sebab,jika tidak dilakukan tepat waktu akan mengganggu kerja unit atau kendaraan sehingga unit akanlow power, Karena banyak system pada unit  sudah tidak begitu lancar
.salah satu akibat low power dan sebagainya.
3.2     LangkahPersiapan Service
Ø  Posisikan unit padatempat yang rata
Ø  Pasangganjal ban
Ø  Pasang lock stearing
Ø  Pasang lock swift
Ø  RealeasePreasure Brake

3.3     LangkahPekerjaan Service
Ø  Buka cover egine
Ø  Buka gats egine
Ø  Drain olisesuaidenganskedulservicenya
Ø  Lakukanpenggantian part
Ø  Pengisianolikembalisesuaiskedulservicenya
Ø  Runing unit
Ø  Check level olikembali
Ø  Menggreasingkomonen yang bergerak yang tidak di lumasidenganoli
( Pin – pin, pin dump, pin stearing, join propeller )
3.4     PROSEDUR – PROSEDUR SERVICE
PT. INTRACO PENTA Menggunakansuatu program pemeliharaanberkalaterhadap unit-unit yang dikerjakan. Unit-unit tersebutmempunyaipemeliharaanberkalaberdasarkanpengoprasiannnya
o    Service 250 (HM)
o    Service 500 (HM)
o    Service 1000 (HM)
o    Service 2000 (HM)
o    Service 4000 (HM)
3.5  Service 250 HM
Tabel 3.1 service 250 HM
Komponen yang harus di gantidan di check
Standart interval, service
250
500
1000
2000
4000
Checking dropbox
-
-
-
-
Check battery
-
-
-
-
Brake cooling oil level check
-
-
-
-
Check engine
ü  





·      Pada service 250 HM inibanyakmengarahkepadapengecheckan unit ataukomponen-komponennyaapakahadakerusakan yang harus di perbaikidansegera di ganti. Misalnya, Pengechekanegineapakahadakebocoranolipadaeginedanpengechekandropboxdankomponen-komponenlainnya.

















3.6       Service 500 HM
Service inidianggapsebagai service minor, dimanapekerjaan yang dilakukanlebihbanyakmengarahkepadapelunasanpada unit.Misalnya
penggatianolimesindanpenggantiankomponen yang harus di ganti
3.7     Komponen yang Harus dibersihkan, diperiksadan di ganti
·                Lepaskan elemen saringan udara,bersihkan dengan gas bertekanan (kompresor)  dan periksa kerusakannya

Gambar3.1 Cara membersihakansaringanudara (air cleaner)

Tabel3.2 Service 500 HM
Komponen yang harus di gantidan di check
Standart interval, service
500
1000
2000
4000
Tes-run dan check
-
-
-
Engine oil and filter, change
-
-
-
Brake cooling oil, level check.
-
-
-

Tabel 3.3 service 1000 HM
Komponen yang harusdi gantidan di check
Standart interval, service
500
1000
2000
4000
Tes-run dan check
-
-
-
Engine oil and filter, change
-
-
-
Brake cooling oil, level check
-
-
-
Transmisi oil filter replace
-
-
-
Hydrolic oil brider filter replace
-
-
-

Tabel3.5 service 2000 HM
Termasuksemuatugas service 1000 HM
Komponen yang harus di gantidan di check
Standart interval, service
500
1000
2000
4000
Tes-run dan check
-
-
-
Engine oil and filter, change
-
-
-
Brake cooling oil, level check
-
-
-
Transmisi oil filter replace
-
-
-
Hydrolic oil brider filter replace
-
-
-
Transmisi, changing oil
-
-
-
Air drier, drercartide
-
-
-
Brake System pressure oil filter, replace
-
-
-

Tabel3.5 service 4000 HM
Termasuksemuatugas service 2000 HM
Komponen yang harus di gantidan di check
Standart interval, service
500
1000
2000
4000
Tes-run dan check
-
-
-
Engine oil and filter, change
-
-
-
Brake cooling oil, level check
-
-
-
Transmisi oil filter replace
-
-
-
Hydrolic oil brider filter replace
-
-
-
Transmisi, changing oil
-
-
-
Air drier, drercartide
-
-
-
Brake System pressure oil filter, replace
-
-
-
Valve clearen check/ adjust
-
-
-
3.8     Oli Yang HarusDiganti
·                Ganti Oli Mesin
Langkah-langkah pengetabpan oli mesin :
1.    Kendaraan harus pada posisi yang datar dan tidak sedang dioperasikan.
2.    Pasangganjalan ban depandan di tengahdanpastikangajalansudahterpasangdenganbaik.
3.    Bersihkan drain plug penutup bak carter dari tanah dan lumpur di sekelilingnya sebelum melepas plug.
4.    Siapkan wadah penampung oli bekas.



Gambar 3.2Langkah-langkah Sebelum Membuang Oli

Gambar 3.3Pengosongan Oil Engine
5.    Melepas drain plug dengan menggunakan tang amjester tersebut di putar berlawanan arah jarum jam untuk melepas plug tersebut.
6.    Setelah membuka drain plug pasang hos drain padatempatpendraianoli hose drain di putarsearahjarum jam untukmengencangkansupayaoitersebutakankeluar.
7.    Setelaholibenar-benarhabiskeluarlepas hose drain dengan di putarberlawananarahjarum jam untukmembukadanpasangkembali drain plug
8.    Putarsearahjarum jam danpastikan drain plug rapatsehinggatidakadarongga-ronggaoliuntukkeluar.

                                    Langkah-langkah pengisian :
1.        Isi engine dengan oli yang sudah ditentukan SAE15W/40 dan liternya dengan jumlah yang tepat.
2.        Tarik dip stick,lap dengan tisu/kain lalu masukkan kembali dip stick.
3.        Tarik kembali dip stick dan lihatlah oli yang berada pada dip stick, jika oli belum berada pada garis “H” maka tambahkan lagi oli pada engine dan
4.        Lakukan kembali langkah yang sama sampai mencapai garis “H”.

Gambar 3.4 Mengukur ketinggian oli pada dipstick



Tidak ada komentar:

Posting Komentar