SERVICE
3.1 FungsidanTujuan Service / Perawatan
·
Fungsi dan tujuan service
adalah untuk memelihara atau mencegah agar unit tetap baik pada saat dioperasikan dan tidak mengalami kerusakan
yang parah dan lebih awet atau tahan lama, agar operator tidak akan mengalami suatu kendala jika
unit tersebut sedang melakukan aktifvitas atau di operasikan
·
Selain itu operator
akan merasa aman dan nyaman dalam mengendarai unit
tersebut sehingga dalam melakukan pekerjaan atau aktifitas operator
dapat bekerja dengan sebaik baiknya karena tidak merasa was-was apakah unit yang
dikendarainya aman atau tidak dari kerusakan.
·
Pengoperasian yang
bebasdari kerusakan atau munculnya gangguan dari dalam maupun dari luar. Waktu dan uang
yang dikeluarkan untuk melakukan proses service hanya sedikit dari pada memperbaiki
unit atau kendaraan yang telah mengalami kerusakan. dengan service
kita dapat memperpanjang umur unit secara maksimal mungkin walaupun tidak sama seperti
yang baru .
·
Pemeliharaan berkala
“menuju pada pemeliharaan yang dilakukan secara teratur berdasarkan buku jadwal service
pada unit tersebut, pemeliharaan yang di anjurkan bersama dengan produk –
produknya dan juga sering perusahaan – perusahaan perseorangan mengikuti anjuran –
anjuran tersebut , dan menerapkan / mengubahnya agar
sesuai persyaratan pemeliharaan mereka . jadwal service juga ditentukan oleh setiap
“HM” unit yang sudah di tentukan oleh perusahaan
·
Service
harus dilakukan tepat waktu sebab,jika tidak dilakukan tepat waktu akan mengganggu kerja
unit atau kendaraan sehingga unit akanlow power, Karena banyak system pada unit
sudah tidak begitu lancar
.salah satu akibat low
power dan sebagainya.
3.2 LangkahPersiapan Service
Ø Posisikan
unit padatempat yang rata
Ø Pasangganjal
ban
Ø Pasang
lock stearing
Ø Pasang
lock swift
Ø RealeasePreasure
Brake
3.3 LangkahPekerjaan Service
Ø Buka
cover egine
Ø Buka
gats egine
Ø Drain
olisesuaidenganskedulservicenya
Ø Lakukanpenggantian
part
Ø Pengisianolikembalisesuaiskedulservicenya
Ø Runing
unit
Ø Check
level olikembali
Ø Menggreasingkomonen
yang bergerak yang tidak di lumasidenganoli
( Pin – pin, pin dump,
pin stearing, join propeller )
3.4 PROSEDUR – PROSEDUR SERVICE
PT. INTRACO PENTA Menggunakansuatu
program pemeliharaanberkalaterhadap unit-unit yang dikerjakan. Unit-unit
tersebutmempunyaipemeliharaanberkalaberdasarkanpengoprasiannnya
o Service
250 (HM)
o Service 500 (HM)
o Service 1000 (HM)
o Service 2000 (HM)
o Service 4000 (HM)
3.5 Service 250 HM
Tabel 3.1
service 250 HM
Komponen yang
harus di gantidan di check
|
Standart interval, service
|
||||
250
|
500
|
1000
|
2000
|
4000
|
|
Checking
dropbox
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Check battery
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Brake
cooling oil level check
|
√
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Check
engine
|
ü
|
·
Pada service 250 HM
inibanyakmengarahkepadapengecheckan unit
ataukomponen-komponennyaapakahadakerusakan yang harus di perbaikidansegera di
ganti. Misalnya,
Pengechekanegineapakahadakebocoranolipadaeginedanpengechekandropboxdankomponen-komponenlainnya.
3.6 Service 500 HM
Service inidianggapsebagai service
minor, dimanapekerjaan yang dilakukanlebihbanyakmengarahkepadapelunasanpada
unit.Misalnya
penggatianolimesindanpenggantiankomponen
yang harus di ganti
3.7 Komponen yang Harus dibersihkan, diperiksadan di ganti
·
Lepaskan elemen
saringan udara,bersihkan dengan gas bertekanan (kompresor) dan periksa kerusakannya
Gambar3.1 Cara membersihakansaringanudara (air
cleaner)
Tabel3.2 Service 500 HM
Komponen yang harus
di gantidan di check
|
Standart interval, service
|
|||
500
|
1000
|
2000
|
4000
|
|
Tes-run dan
check
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Engine oil and
filter, change
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Brake cooling
oil, level check.
|
√
|
-
|
-
|
-
|
Tabel 3.3 service 1000 HM
Komponen
yang harusdi gantidan di check
|
Standart interval, service
|
|||
500
|
1000
|
2000
|
4000
|
|
Tes-run
dan check
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Engine
oil and filter, change
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Brake
cooling oil, level check
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Transmisi
oil filter replace
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Hydrolic
oil brider filter replace
|
-
|
√
|
-
|
-
|
Tabel3.5 service 2000 HM
Termasuksemuatugas
service 1000 HM
Komponen
yang harus di gantidan di check
|
Standart interval, service
|
|||
500
|
1000
|
2000
|
4000
|
|
Tes-run
dan check
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Engine
oil and filter, change
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Brake
cooling oil, level check
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Transmisi
oil filter replace
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Hydrolic
oil brider filter replace
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Transmisi,
changing oil
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Air
drier, drercartide
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Brake
System pressure oil filter, replace
|
-
|
-
|
√
|
-
|
Termasuksemuatugas
service 2000 HM
Komponen
yang harus di gantidan di check
|
Standart
interval, service
|
|||
500
|
1000
|
2000
|
4000
|
|
Tes-run
dan check
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Engine
oil and filter, change
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Brake
cooling oil, level check
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Transmisi
oil filter replace
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Hydrolic
oil brider filter replace
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Transmisi,
changing oil
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Air
drier, drercartide
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Brake
System pressure oil filter, replace
|
-
|
-
|
-
|
√
|
Valve
clearen check/ adjust
|
-
|
-
|
-
|
√
|
3.8 Oli Yang HarusDiganti
·
Ganti Oli Mesin
Langkah-langkah pengetabpan oli mesin :
1.
Kendaraan harus
pada posisi yang datar dan tidak sedang dioperasikan.
2.
Pasangganjalan ban
depandan di tengahdanpastikangajalansudahterpasangdenganbaik.
3.
Bersihkan drain
plug penutup bak carter dari tanah dan lumpur di sekelilingnya sebelum melepas
plug.
4.
Siapkan wadah
penampung oli bekas.
Gambar
3.2Langkah-langkah Sebelum Membuang Oli
Gambar 3.3Pengosongan Oil Engine
5.
Melepas drain plug
dengan menggunakan tang amjester tersebut di putar berlawanan arah jarum jam untuk
melepas plug tersebut.
6.
Setelah membuka
drain plug pasang hos drain padatempatpendraianoli hose drain di putarsearahjarum
jam untukmengencangkansupayaoitersebutakankeluar.
7.
Setelaholibenar-benarhabiskeluarlepas
hose drain dengan di putarberlawananarahjarum jam untukmembukadanpasangkembali
drain plug
8.
Putarsearahjarum jam
danpastikan drain plug rapatsehinggatidakadarongga-ronggaoliuntukkeluar.
Langkah-langkah pengisian :
1.
Isi engine dengan
oli yang sudah ditentukan SAE15W/40 dan liternya dengan jumlah yang tepat.
2.
Tarik dip stick,lap
dengan tisu/kain lalu masukkan kembali dip stick.
3.
Tarik kembali dip
stick dan lihatlah oli yang berada pada dip stick, jika oli belum berada pada
garis “H” maka tambahkan lagi oli pada engine dan
4.
Lakukan kembali langkah yang sama sampai mencapai garis
“H”.
Gambar
3.4 Mengukur
ketinggian oli pada dipstick
Tidak ada komentar:
Posting Komentar