1.
Mengidentifikasi komponen-komponen Utama engine
2. Mengidentifikasi
komponen-komponen engine
3. Memelihara/servis engine
dan komponen-komponennya (engine tune up)
4.Melaksanaan
pemeliharaan/servis komponen
5. Menggunakan pelumas/cairan pembersih.CATATAN PENTING DALAM MATERI INI
·
Motor
bakar adalah motor yang merubah tenaga panas menjadi tenaga
mekanik dengan proses pembakaran.
mekanik dengan proses pembakaran.
·
Ditinjau dari tempat pembakarannya, motor
terdiri dari motor
pembakaran dalam dan motor pembakaran luar.
pembakaran dalam dan motor pembakaran luar.
·
Motor pembakaran dalam (internal combustion
chamber) adalah motor
yang proses pembakarannya terjadi di dalam motor itu sendiri.
yang proses pembakarannya terjadi di dalam motor itu sendiri.
·
Ditinjau dari langkah (Stroke) motor terdiri
dari motor 2 langkah dan
motor 4 langkah.
motor 4 langkah.
·
Yang dimaksud langkah piston (Stroke) adalah
gerak piston dari TMA ke
TMB atau sebaliknya.
TMB atau sebaliknya.
·
Motor 2 langkah adalah motor yang sekali usaha
(menghasilkan tenaga)
memerlukan 2 langkah piston sekali putaran crank shaft.
memerlukan 2 langkah piston sekali putaran crank shaft.
·
Motor 4 langkah adalah motor yang sekali usaha
(menghasilkan tenaga)
memerlukan 4 langkah piston atau 2 putaran crank shaft.
memerlukan 4 langkah piston atau 2 putaran crank shaft.
·
Ditinjau dari siklus pembakaran, metode
pembakaran dan penggunaan
bahan bakar motor terdiri dari motor bensin dan motor disel.
bahan bakar motor terdiri dari motor bensin dan motor disel.
·
Motor bensin menggunakan siklus otto sedang
motor disel
menggunakan siklus sabathe.
menggunakan siklus sabathe.
·
Bahan bakar motor bensin adalah
bensin/premium/gasoline sedang
motor disel menggunakan solar/light oil.
motor disel menggunakan solar/light oil.
·
Metode pembakaran motor bensin dengan percikan
api busi, sedang
motor disel dengan kompresi tinggi (terbakar sendiri/self ignition).
motor disel dengan kompresi tinggi (terbakar sendiri/self ignition).
·
Engine ditinjau dari jumlaah silindernya ada
engine bersilinder Satu,
dua,tiga,empat,enam,delapan dan seterusnya.
dua,tiga,empat,enam,delapan dan seterusnya.
·
Engine
bila ditinjau dari susunan silindernya: jenis in-line, jenis V dan
jenis horizontal berlawanan.
jenis horizontal berlawanan.
·
Engine
bila ditinjau dari mekanisme katupnya : tipe OHV, tipe OHC dan
DOHC.
DOHC.
·
Engine bila ditinjau dari penggunaan bahan
bakarnya: motor bensin,
motor cerosine, motor LPG dan motor disel.
motor cerosine, motor LPG dan motor disel.
·
Komponen utama motor: Cylinder block, cylinder
head, valve
mekanism, piston assy, crank shaft, fly wheel, cam shaft dan oil punch.
mekanism, piston assy, crank shaft, fly wheel, cam shaft dan oil punch.
·
Cylinder block sebagai tempat bekerjanya
piston, tempat pembakaran
dan menopang komponen engine yang lainnya.
dan menopang komponen engine yang lainnya.
·
Cylinder head untuk menempatkan mekanik katup
dan ruang bakar.
·
Jenis ruang bakar motor bensin: setengah
bulat,baji, bak mandi dan
pent roof.
pent roof.
·
Jenis
ruang bakar motor disel: injeksi langsung dan tak langsung.
·
Ruang bakar injeksi langsung: model multi
pherical, hemispherical dan
pherical.
pherical.
·
Ruang bakar injeksi tak langsung: model kamar
depan, kamar pusar
dan sel udara.
dan sel udara.
·
Metode penggerak katup: dengan timing gear,
timing chain dan timing
belt.
belt.
·
Kelengkapan
piston: piston, piston ring, connecting rod, piston pin,
bearing cap dan insert bearing.
bearing cap dan insert bearing.
·
Piston
berfungsi untuk mengkompresi campuran gas atau udara murni,
juga merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik.
juga merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik.
·
Batang
piston untuk meneruskan gerak lurus piston menjadi gerak
putar pada poros engkol.
putar pada poros engkol.
·
Piston
ring kompresi untuk perapat kompresi, sedang oil ring untuk
menyapu oli pada dinding silinder.
menyapu oli pada dinding silinder.
·
Pena
piston untuk menyambung piston dengan connecting rod.
·
Macam
penyambungan pena piston: Fixed, full floating dan semi
floating.
floating.
·
Crank
shaft untuk meneruskan putaran motor ke fly wheel.
·
Poros
nok untuk menggerakkan mekanik katup.
·
Roda
penerus untuk meneruskan putaran / tenaga motor ke power
train dan putaran starter ke poros engkol.
train dan putaran starter ke poros engkol.
·
Panci
oli untuk menampung oli motor.
·
Sistem
pendinginan terdari dari: radiator, slang radiator, tutup radiator,
thermostaat, pompa air, mantel air, tali kipas dan kipas.
thermostaat, pompa air, mantel air, tali kipas dan kipas.
·
Sistem
pelumasan terdiri dari: Pompa oli, strainer, saluran oli, saringan
oli.
oli.
·
Sistem bahan bakar engine bensin terdiri dari:
tangki, pompa, saringan
dan karburator.
dan karburator.
·
Sistem bahan bakar engine disel terdiri dari: tangki, pompa priming,
pompa pemindah, saringan, cendimeter, pompa injeksi dan injektor.
pompa pemindah, saringan, cendimeter, pompa injeksi dan injektor.
·
Sistem
pengapian konvensional terdiri dari: baterai, kunci kontak, koil,
kondensator, distributor dan busi.
kondensator, distributor dan busi.
Materi lengkap bisa download di SINI
·
Tidak ada komentar:
Posting Komentar