Jumat, 09 Januari 2015

Memeliharaan/servis engine dan komponen-komponennya

Berikut adalah Kompetensi Dasar yang harus dicapai :


1.  Mengidentifikasi komponen-komponen Utama engine
2.  Mengidentifikasi komponen-komponen engine
3. Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya (engine tune up)

4.Melaksanaan pemeliharaan/servis komponen
5. Menggunakan pelumas/cairan pembersih.

CATATAN PENTING DALAM MATERI INI


·         Motor bakar adalah motor yang merubah tenaga panas menjadi tenaga
mekanik dengan proses pembakaran.

·          Ditinjau dari tempat pembakarannya, motor terdiri dari motor
pembakaran dalam dan motor pembakaran luar.

·          Motor pembakaran dalam (internal combustion chamber) adalah motor
yang proses pembakarannya terjadi di dalam motor itu sendiri.

·          Ditinjau dari langkah (Stroke) motor terdiri dari motor 2 langkah dan
motor 4 langkah.

·          Yang dimaksud langkah piston (Stroke) adalah gerak piston dari TMA ke
TMB atau sebaliknya.

·          Motor 2 langkah adalah motor yang sekali usaha (menghasilkan tenaga)
memerlukan 2 langkah piston sekali putaran crank shaft.

·          Motor 4 langkah adalah motor yang sekali usaha (menghasilkan tenaga)
memerlukan 4 langkah piston atau 2 putaran crank shaft.

·          Ditinjau dari siklus pembakaran, metode pembakaran dan penggunaan
bahan bakar motor terdiri dari motor bensin dan motor disel.

·          Motor bensin menggunakan siklus otto sedang motor disel
menggunakan siklus sabathe.

·          Bahan bakar motor bensin adalah bensin/premium/gasoline sedang
motor disel menggunakan solar/light oil.

·          Metode pembakaran motor bensin dengan percikan api busi, sedang
motor disel dengan kompresi tinggi (terbakar sendiri/self ignition).

·          Engine ditinjau dari jumlaah silindernya ada engine bersilinder Satu,
dua,tiga,empat,enam,delapan dan seterusnya
.

·         Engine bila ditinjau dari susunan silindernya: jenis in-line, jenis V dan
jenis horizontal berlawanan.

·         Engine bila ditinjau dari mekanisme katupnya : tipe OHV, tipe OHC dan
DOHC.

·          Engine bila ditinjau dari penggunaan bahan bakarnya: motor bensin,
motor cerosine, motor LPG dan motor disel.

·          Komponen utama motor: Cylinder block, cylinder head, valve
mekanism, piston assy, crank shaft, fly wheel, cam shaft dan oil punch.

·          Cylinder block sebagai tempat bekerjanya piston, tempat pembakaran
dan menopang komponen engine yang lainnya.

·          Cylinder head untuk menempatkan mekanik katup dan ruang bakar.
·          Jenis ruang bakar motor bensin: setengah bulat,baji, bak mandi dan
pent roof.

·         Jenis ruang bakar motor disel: injeksi langsung dan tak langsung.
·          Ruang bakar injeksi langsung: model multi pherical, hemispherical dan
pherical.

·          Ruang bakar injeksi tak langsung: model kamar depan, kamar pusar
dan sel udara.

·          Metode penggerak katup: dengan timing gear, timing chain dan timing
belt.

·         Kelengkapan piston: piston, piston ring, connecting rod, piston pin,
bearing cap dan insert bearing.

·         Piston berfungsi untuk mengkompresi campuran gas atau udara murni,
juga merubah tenaga panas menjadi tenaga mekanik.

·         Batang piston untuk meneruskan gerak lurus piston menjadi gerak
putar pada poros engkol.

·         Piston ring kompresi untuk perapat kompresi, sedang oil ring untuk
menyapu oli pada dinding silinder.

·         Pena piston untuk menyambung piston dengan connecting rod.
·         Macam penyambungan pena piston: Fixed, full floating dan semi
floating.

·         Crank shaft untuk meneruskan putaran motor ke fly wheel.
·         Poros nok untuk menggerakkan mekanik katup.

·         Roda penerus untuk meneruskan putaran / tenaga motor ke power
train dan putaran starter ke poros engkol.

·         Panci oli untuk menampung oli motor.

·         Sistem pendinginan terdari dari: radiator, slang radiator, tutup radiator,
thermostaat, pompa air, mantel air, tali kipas dan kipas.

·         Sistem pelumasan terdiri dari: Pompa oli, strainer, saluran oli, saringan
oli.

·          Sistem bahan bakar engine bensin terdiri dari: tangki, pompa, saringan
dan karburator.

·         Sistem bahan bakar engine disel terdiri dari: tangki, pompa priming,
pompa pemindah, saringan, cendimeter, pompa injeksi dan injektor.

·         Sistem pengapian konvensional terdiri dari: baterai, kunci kontak, koil,
kondensator, distributor dan busi.


Materi lengkap bisa download di SINI

·       



Tidak ada komentar:

Posting Komentar